Prediksi: AS Monaco vs Borussia Dortmund 20 April 2017

AS Monaco vs Borussia Dortmund

Hasilakhir.com – Jadwal Liga Champions 20 April 2017 antara AS Monaco vs Borussia Dortmund akan digelar di Stade Louis II pukul 01.45 WIB. Tinggal membutuhkan hasil imbang, bahkan bisa kalah dengan skor 1-2 sekalipun, tuan rumah sangat diunggulkan dalam Prediksi AS Monaco vs Borussia Dortmund. Meskipun demikian, tim tamu yang sudah bangkit dari trauma serangan bom, bisa saja membuat mimpi wakil Liga Prancis ke semifinal kandas sewaktu-waktu.

Ketika Borussia Dortmund kalah 2-3 dari Monaco di Signal Iduna Park lalu, kondisi sang wakil Liga Jerman sedang tidak siap dan terpaksa, menyusul insiden bom yang mencederai Marc Bartra dan nyaris merenggut nyawa awak tim. Namun, kini situasi sudah berbeda. Akhir pekan lalu, Dortmund mampu menang 3-1 dari Eintracht Frankfurt, dan bintang utama Marco Reus sudah kembali dan mencetak gol.

Marco Reus - Borussia Dortmund

Marco Reus – Borussia Dortmund

Kini Reus bisa kembali berkombinasi dengan Piere Emerick Aubameyang dalam formasi favorit pelatih Thomas Tuchel, 4-1-4-1. Ditambah lagi adanya Ousmane Dembele dan Christian Pulisic; sehingga meriam mereka bisa diluncurkan dari arah mana saja. Tetapi jelas AS Monaco yang sama-sama dipenuhi pemain muda, tidak akan menyerahkan hak yang sudah di depan mata, begitu saja.

AS Monaco berkesempatan menjadi klub Perancis pertama yang melangkah ke semifinal Liga Champions setelah terakhir kali Olympique Lyon melakukannya pada 2009-2010. Kans mereka untuk lolos jauh lebih besar daripada Borussia Dortmund.

Borussia Dortmund vs AS Monaco

Borussia Dortmund vs AS Monaco

Monaco punya dua penembak jitu, Radamel Falcao dan Kylian Mbappe di lini depan. Keduanya total sudah menghasilkan delapan gol di Liga Champions. Ditambah dengan kecepatan Thomas Lemar dan Bernardo Silva di kedua sisi sayap, dan kematangan pemain senior Joao Moutinho sebagai pengatur serangan, formasi 4-4-2 tuan rumah akan sangat mampu dioptimalkan. Kekurangan Monaco adalah absennya Fabinho.

Kylian Mbappe - AS Monaco

Kylian Mbappe – AS Monaco

Masuknya kembali Timoue Bakayoko di lini tengah bakal sangat penting untuk menghadapi kekuatan Dortmund yang dari segi jumlah lebih unggul daripada tuan rumah. Selain itu, baik Monaco maupun Dortmund sama-sama tampil menyerang. Laga ini bisa saja menghasilkan gol lebih banyak daripada pertemuan pertama.

 

 

 

Statistik jelang pertandingan

  • Hanya ada dua tim di Liga Champions yang bisa lolos ke babak berikutnya setelah kalah di kandang pada laga pertama. Hal itu dilakukan Ajax Amsterdam pada 1995-1996 menghadapi Panathinaikos (0-1 kandang, 3-0 tandang) dan Inter Milan atas Bayern Muenchen pada 2010-2011 (0-1 kandang, 3-2 tandang)
  • AS Monaco dan Borussia Dortmund sama-sama menargetkan lolos ke semifinal untuk kali keempat. Monaco terakhir ke semifinal saat menjadi finalis pada 2003-04, sedangkan Dortmund pada 2012-2013 ketika kalah dari Bayern Muenchen pada laga final.
  • Dari enam pertandingan kandang di Liga Champions musim ini sejak kualifikasi, Monaco bisa memenangi lima laga di antaranya. Satu-satunya hasil minor yang diraih pasukan Leonardo Jardim adalah saat ditahan imbang 1-1 oleh Bayer Leverkusen pada fase grup.
  • Sejak ditangani Thomas Tuchel pada awal musim 2015-2016, Borussia Dortmund hanya kalah tiga kali dari 12 pertandingan tandang di kompetisi antarklub Eropa. Namun, dalam tiga laga terakhir, Dortmund kalah dua kali dan sekali seri.

Prediksi susunan pemain

AS Monaco (4-4-2): Subasic. A. Toure, Jemerson, Glik, Mendy, Bernardo Silva, Moutinho, Bakayoko, Lemar, Mbappe, Falcao.
Absen: Fabinho, Sidibé, Boschilia, Carrillo

Borussia Dortmund (4-1-4-1): Burki, Piszczek, Sokratis, Ginter, Schmelzer, Weigl, Pulisic, Castro, Dembele, Reus, Aubameyang.
Absen: Bartra, Götze, Schürrle

 

Komentar pelatih

Leonardo Jardim (AS Monaco): “Kami tak akan mengganti DNA dalam bermain. Mungkin, kami harus mencetak gol agar bisa melangkah. Kami berharap Dortmund tampil lebih tangguh dibandingkan laga pertama. Saya waspadai Gonzalo Castro dan Marco Reus, pilar penting mereka.”

Thomas Tuchel (Borussia Dortmund): “Kami harus bermain apik dan saya yakin para pemain bisa melakukannya. Saya membawa tim yang punya kemampuan untuk menang dengan selisih dua gol. Kami akan menjadi tim penyerang, tetapi tetap harus fokus agar tak kehilangan bola.”

 

Tren beberapa pertandingan terakhir

AS Monaco: Menang, kalah, menang, menang, menang, menang
Posisi puncak klasemen tetapi dipegang AS Monaco di Ligue 1 seusai menang 2-1 atas Dijon. Pada laga di Stade Louis II tersebut, mentalitas Radamel Falcao dkk juga terbukti tangguh karena lawan unggul terlebih dahulu 1-0 pada babak pertama.

Borussia Dortmund: Menang, seri, menang, kalah, kalah, menang
Marco Reus kembali tampil membela Dortmund setelah absen enam pekan. Dia langsung menyatu dengan tim yang menang 3-1 atas Eintrach Frankfurt. Reus dkk pun sudah memastikan diri finis di posisi empat besar dan berhak tampil di Liga Champions musim depan.

HEAD TO HEAD

13-04-2017        Borussia Dortmund vs AS Monaco 2-3

 

PREDIKSI SKOR

Pertandingan ini disinyalir bakal menghadirkan hujan gol seperti pada leg pertama, dan hal itu kemungkinan bakal bisa terjadi karena Dortmund butuh gol untuk bisa lolos ke putaran selanjutnya. Laga ini akan menjadi pertemuan kedua mereka di ajang Eropa, dan Monaco pun ingin mencatat rekor sempurna dengan menumpaskan Dortmund demi lolos ke semifinal untuk kedua kalinya sejak terakhir terjadi pada tahun 2004.

Dengan didukung penuh publik sendiri, kiranya akan menjadi modal plus bagi Monaco untuk bisa nyaman bermain pada leg kedua ini. Sebaliknya, dengan beban agregat ditambah intimidasi penonton tuan rumah bisa menjadi kesulitan luar biasa bagi skuat muda Dortmund.

Jadi, dengan mempertimbangkan hal tersebut Hasilakhir.com memprediksikan bahwa AS Monaco bakal kembali tunjukkan taringnya dihadapan Die Borussen dan menang dengan skor 2-1.

 

By Hasilakhir.com

BERITA TERKAIT :