Pep : Era Kepelatihan Saya Di Barcelona Sudah Usai

FC Barcelona v FC Chelsea - UEFA Champions League Semi Final

Pep Guardiola Mantan pelatih Barcelona yang kini menukangi Bayern Munich, menyatakan dirinya tak berpikir untuk kembali ke Kota Barcelona, karena tidak akan melatih Lionel Messi dkk di masa yang akan datang. Bahkan ia mengungkapkan era-nya di Camp Nou telah berakhir.

Seperti diketahui, Pep mengalami masa keemasan saat menjadi juru taktik Blaugrana. Selama berada di bawah arahannya, Barca menjelma menjadi tim produktif dengan permainan cantik yang akrab disebut tiki-taka.

Dua trofi Liga Champions dan tiga gelar juara La Liga berhasil dipersembahkannya pada periode 2008 – 2012. Setelah mengambil cuti 12 bulan dari hiruk-pikuk sepakbola, Guardiola kembali memulai petualangannya bersama raksasa Bundesliga, Bayern Munich pada musim panas 2013.

Sementara Barcelona, sepeninggalnya mengalami dekadensi prestasi. Lantas, hal tersebut membuat para cules  fans Barcelona merindukan sentuhan magis pelatih berusia 43 tahun itu di Camp Nou. Namun, Pep menepis anggapan itu walau tak menyangkal ia berencana untuk tinggal di Barcelona di masa depan.

“Masa saya di Barcelona sudah berakhir. pada titik tertentu pada masa mendatang, saya akan tinggal di Barcelona lagi. Namun, saya tak tahu kapa. (Soal melatih Barcelona lagi) pada prinsipnya tidak. Saya tak punya niat melatih Barcelona lagi,” aku Pep.

Guardiola memulai karier kepelatihan dengan menangani Barcelona B pada 2007-2008. Ia kemudian menangani tim utama hingga Juni 2012. Setelahnya, Pep meninggalkan dunia sepak bola dan tinggal di New York, hingga melatih Bayern pada Juli 2013.

Selama diasuh Pep, Barcelona meraih 14 trofi, antara lain tiga trofi Primera Division dan dua trofi Liga Champions. Setelah ditinggal Pep, Barcelona telah mengalami tiga era kepelatihan dan hanya gelar juara Primera Division (2012-2013) dan Piala Super Spanyol (2013).

“Saya yakin, ada siklus dalam hidup dan dalam kehidupan saya di Barcelona sudah selesai. Istri saya bekerja di sini (Barcelona) dan gagasannya adalah kembali untuk tinggal di sini pada tahap tertentu. Kapan waktunya? Saya tak tahu,” tambah Pep.

 

 

 

 

 

 

 

BERITA TERKAIT :