Cahiil : Jor-joran Gila Klub China Masih Akan Terus Berlanjut

Cahiil : Jor-joran Gila Klub China Masih Akan Terus Berlanjut

Hasilakhir.com –  Tim Cahill, pemain Australia yang merumput di China, menyebut belanja jor-joran dari klub China akan terus berlanjut walaupun tidak yakin benar bagaimana itu akan membantu bakat lokal dan persepakbolaan China.

Tahun lalu Cahill bergabung dengan Shanghai Shenhua yang merekrutnya dari New York Red Bulls dalam kesepakatan satu tahun. Bulan Oktober lalu Cahill mendapat kontrak baru untuk bertahan dengan klub Liga Super China tersebut.

Sejak itu, klub-klub Liga Super China diestimasikan sudah menggelontorkan tak kurang dari 130 juta euro (Rp 1,98 triliun) untuk menggaet empat pemain saja, dengan Jiangsu Suning mengeluarkan 50 juta euro untuk merekrut Alex Teixeira pekan lalu.

Cahill memprediksi tinggal tunggu waktu saja sebelum sebuah klub China jor-joran dengan merogoh kocek dalam-dalam untuk mengeluarkan 100 juta dolar AS (Rp 1,36 triliun) demi mendapatkan satu orang pemain saja.

“Gila untuk melihatnya tapi akan terus berlanjut. Akan jadi masif,” kata Cahill kepada Fox Sports dan dikutip Reuters.

“Saya tak tahu apa ini akan membantu liga, tapi mereka terus berinvestasi. Mereka melakukan hal-hal bagus. Mereka mampu. Ketika mereka ingin sesuatu maka mereka akan mendapatkannya dan kalau tak mau sesuatu maka mereka akan menepikannya,” tuturnya.

Transfer Teixeira rampung cuma beberapa hari setelah Jackson Martinez bergabung dengan Guangzhou Evergrande yang merekrutnya senilai 42 juta euro (sekitar Rp 637 miliar). Sebelumnya di China sudah ada Gervinho, Demma Ba, Asamoah Gyan, dan juga Cahill.
“Pilihan ada di tangan pemain, ini bukan mengenai sepakbola seperti hari-hari saya dulu, sekarang murni mengenai keuntungan pribadi. Apakah (ke China) akan membantu para pemain? Tidak. Apakah itu akan jadi hal besar buat negara China? Ya,” ujar Cahill.

By Hasilakhir.com 

BERITA TERKAIT :